Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 

Danramil Kanor Dampingi Kunker Direktur Pembenihan Ditjen Pangan Kementan RI Di Desa Tambahrejo



LENSAMILITER.COM | BOJONEGORO
Danramil 0813-10/Kanor Lettu Inf Abdul Manan, turut mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Direktur Pembenihan Ditjen Pangan Kementan RI, Dr. Ir. Mohammad Takdir Mulyadi, MM., dalam rangka Gerakan Percepatan Tanam Padi di Musim Kemarau, di Desa Tambahrejo, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Turut serta mendampingi dalam kunjungan ini, Kapala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Ir. Hadi Sulistyo, Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro, Helmy Elisabeth, SP.,MM., Forpimcam Kanor, Kades Tambahrejo, KUPT Pertanian Kecamatan Kanor, PPL, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kelompok Tani (Poktan) Tambahrejo.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Ir. Hadi Sulistyo, mengatakan bahwa pada musim kemarau tahun ini dapat menjadi ancaman bagi tanaman padi akibat kekeringan.

“Meski begitu, masih ada lahan basah yang dekat dengan sumber air,” ujarnya.

Terpisah, Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Zaenal Fanani, menghimbau kepada petani pada musim tanam kedua ini menggunakan pupuk kandang. Menurutnya, hal itu sebagai upaya untuk mengantisipasi serangan hama.

"Musim tanam kedua kali ini beda dengan musim tanam pertama. Musim hujan biasanya banyak penyakit kalau musim kemarau biasanya banyak hama,” ungkapnya.

Sementara untuk mengantisipasi kekeringan, pihaknya akan berupaya mengoptimalkan irigasi, embung, dan pompa air.

"Sebab diprediksi musim kemarau tahun ini, merupakan musim kemarau basah. artinya pada musim kemarau masih akan ada turun hujan," terangnya.

Danramil 0813-10/Kanor Lettu Inf Abdul Manan, mengatakan pihaknya melalui para Babinsa-Babinsa jajarannya akan mendukung penuh pemerintah dalam rangka mewujudkan swasembada pangan yang sudah diprogramkan.

“Melalui para Babinsa bersama Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), akan melakukan pendampingan penuh kepada petani diwilayah Kecamatan Kanor. Harapanya program pemerintah dalam berswasembada pangan terwujud, sehingga ketahanan pangan juga tangguh,” pungkasnya, Jum’at (5/6/2020).(Pendim Bojonegoro)