Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BPBD Bojonegoro Sosialiasi Penanggulangan Bencana Dilokasi TMMD Imbangan


LENSAMILITER.COM|BOJONEGORO
Bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kodim 0813 Bojonegoro menggelar Sosialisasi dan Penanggulangan Bencana di Balai Desa Kalisari, Kecamatan Baureno, Bojonegoro, Jawa Timur, Senin (20/07/2020).

Sosialisasi dilaksanakan dalam rangka mendukung kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan tahun 2020 di wilayah Kecamatan Baureno, Bojonegoro.

Danramil 0813-06/Baureno Kapten Inf Marwoko Suwondo menyampaikan bahwa sosialisasi dan pelatihan tentang kebencanaan tersebut merupakan upaya memberikan pemahaman kepada warga, khususnya warga Desa Kalisari tentang kemandirian terhadap kebencanaan.

"Desa Kalisari termasuk daerah yang rawan terhadap bencana, khusunya bencana banjir, sehingga warga dapat mengantisipasi sejak dini guna menghindari korban, baik personel maupun materiil," ujarnya.

Sebagai pencegahan awal, pihaknya berharap penyiapan sarana prasarana penyelamatan di titik-titik strategis. Sehingga, jika terjadi bencana dapat tertangani dengan baik.

Sementara Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bojonegoro, Eko Susanto, SH., menjelaskan bahwa kemandirian masyarakat terhadap masalah bencana sangatlah penting tatkala terjadi bencana. Sehingga warga faham apa dan bagaimana yang harus dilakukan pada saat masa pra bencana, tanggab darurat, maupun pasca bencana.

"Warga akan lebih tahu dan faham siapa melakukan apa pada saat bencana, untuk menghindari kerugian jiwa, material dan kerusakan lingkungan serta dampak psikologi pada warga," tuturnya.

Hadir dalam kegiatan, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bojonegoro, Eko Susanto. SH, Danramil Baureno beserta anggota, Kepala desa beserta perangkat serta warga Desa Kalisari. (Pendim/Red)