Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sinergi Tanpa Batas, Kodim Bersama PMI Bojonegoro Sosialisasi SIBAT Dalam TMMD Imbangan


LENSAMILITER.COM | BOJONEGORO
Sejumlah agenda kegiatan dalam rangkaian program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan tahun 2020 diwilayah Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, seperti halnya pada hari ini bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), Kodim 0813 Bojonegoro menggelar Sosialisasi Siaga Bencana dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (SIBAT), Rabu (1/7/2020).

Sosialisasi SIBAT, yang dilangsungkan di Balai Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno ini merupakan salah satu sasaran non fisik TMMD Imbangan 2020 Kodim 0813 Bojonegoro dalam rangka pemberdayaan masyarakat.

Sekretaris PMI Cabang Bojonegoro Sukohawidodo, mengucapkan terima kasih karena setiap gelaran kegiatan TMMD diwilayah Kabupaten Bojonegoro selalu dilibatkan. Hal itu sebagai bentuk kerjasama dan sinergitas yang baik, dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang kesiapsiagaan kebencanaan. Selain itu, PMI Cabang Bojonegoro juga membagikan ratusan masker kepada warga Desa Lebaksari dan Santri Pondok Pesantren yang ada di Desa Kalisari.


"Sosialiasi SIBAT dilakukan karena di Desa Lebaksari yang dijadikan kegiatan TMMD Imbangan Kodim 0813 Bojonegoro adanya potensi bencana seperti banjir bandang dan tanah longsor. Adanya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat bisa mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana tersebut," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bati Komsos Koramil 0813-06/Baureno, Serma M. Syaifuddin, mengatakan upaya penanganan bencana saat ini menitikberatkan pada parsitipatif masyarakat. Sehingga mendukung Desa Mandiri, cegah dini dalam upaya antisipasi bencana.

"Hal ini untuk mendorong pemberdayaan masyarakat dalam kesiapsiagaan untuk mencegah, dan mengurangi dampak atau resiko bencana jika terjadi dilingkungannya," pungkasnya.

Turut hadir dalam sosialiasi ini Kepala Desa Lebaksari, Zaenal Abidin, beserta perangkat serta tokoh pemuda dan masyarakat setempat. (Pendim/Red)