Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 

Koramil Trucuk, Bersama Pemdes Tulungrejo Karya Bakti Tanam Bunga Pencegah Hama Padi

 


LENSAMILITER ||   Bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Tulungrejo, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Trucuk, Bojonegoro, melaksanakan karya bakti di sepanjang kanan kiri jalan poros desa setempat, Minggu (24/1/2021).

Selain diikuti jajaran Forkopimcam Trucuk, kegiatan tersebut juga melibatkan anggota Babinsa Koramil 0813-22/Trucuk, Bhabinkamtibmas Polsek Trucuk, Kepala Desa Tulungrejo beserta perangkat desa, Karang Taruna Desa Tulungrejo dan warga masyarakat setempat.

Danramil 0813-22/Trucuk, Kapten Inf Ratik, mengungkapkan bahwa selain bergotong-royong membersihkan kanan kiri jalan poros desa dari sampah dan rumput liar, dalam rangka meningkatkan sinergitas dan kekompakan, dalam karya bakti ini juga dilakukan tanam serai dan bunga berwarna-warni seperti bunga matahari, kenikir dan lainnya sebagai upaya pencegahan hama pada tanaman padi.

"Karya bakti dilaksanakan beetujuan memperkokoh kekompakan dan sinergitas bersama. Sedangkan budidaya serai dan penanaman bunga warna-warni sebagai upaya untuk peningkatan ketahanan pangan," ungkapnya.

Kepala Desa Tulungrejo, Darto, SE., bahwa penanaman beraneka bunga tersebut bukannya tanpa alasan. Bunga berwarni-warni tersebut, diperkirakan dapat mengusir hama pada tanaman padi.

Bunga-bunga yang ditanam ini dinamakan tanaman Refugia, yang berfungsi sebagai pengendali hama. Selain bisa mengusir hama, bunga ini juga sedap dipandang mata. Bahkan, bisa juga dijadikan latar swafoto yang menarik.

"Tanaman Refugia sebagai penarik serangga yang merupakan musuh alami. Sehingga, serangga hama tanaman untuk bisa tinggal di bunga-bunga ini," terangnya.

Diharapkan, tanaman Refugia tersebut, populasi hama yang biasanya menyerang pada tanaman padi bisa langsung menurun drastis.

"Penanaman bunga-bunga ini mampu mengurangi hama tanaman padi, yang biasanya sering disemprot dengan pestisida. Sehingga, adanya tanaman Refugia ini juga dapat mengurangi penggunaan pestisida," pungkas Kades Darto, SE. (Pendim/Red)