Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 

Bersama US PACAF, TNI Angkatan Udara Gelar Latma PAR 2021

 

LENSAMILITER.COM,       Dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama di bidang militer, TNI AU bersama US-PACAF akan menggelar Latihan Bersama (Latma) Pacific Airlift Rally (PAR) 2021 di wilayah Nusa Tenggara Barat. 

PAR merupakan program latihan United State Air Force (USAF) bersama dengan Angkatan Udara Negara-Negara Asia-Pasifik (Pacific Air Force/PACAF) dalam mendukung penanganan bencana dan bantuan kemanusiaan melalui media udara. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam bentuk penerjunan barang bantuan, khususnya untuk membantu korban bencana alam yang lokasinya tidak dapat ditembus melalui jalan darat dan kegiatan evakuasi medis udara. 

TNI Angkatan Udara dalam hal ini mengerahkan satu unit pesawat C-130 Hercules dengan tail number A-1323 dari Skadron Udara 33 Lanud Hasanuddin Makassar dan telah tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (Bizam) Praya pada hari Jumat (3/9/2021). 

Karena pandemi Covid-19 masih melanda di Indonesia, latihan ini hanya diikuti oleh dua negara saja yaitu Amerika dan Indonesia. 

Latihan  PAR 21 ini, akan dilaksanakan mulai tanggal 6 hingga 10 September 2021, dalam pelaksanaannya nanti, kegiatan latihan penerjunan barang bantuan  menggunakan daerah penembakan atau Area Weapon Range (AWR) Lanud TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) di daerah Rambang Lombok Timur.(*/Red)