Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 

Bintara Dikjurba Otsus Kodim Bojonegoro dikenalkan Pengelolaan pada UMKM Peternakan

 

LENSAMILITER.COM,       Selain peningkatan materi pokok tentang teritorial, dua belas personel Bintara Abituren Pendidikan Kejuruan Bintara Otonomi Khusus (Dikjurba Otsus) TNI AD dari Kodam XVIII Kasuari, juga dikenalkan berbagai potensi ekonomi dan sosial masyarakat yang ada diwilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Seperti terlihat hari ini, Rabu (22/9/2021), personel Bintara Dikjurba Otsus asal Papua tersebut, dikenalkan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) peternakan kambing dan sapi yang tengah dijalani Tasdi (35) warga Kecamatan Gayam.

Bati Puanter Kodim 0813 Bojonegoro, Serma Achmad Saifudin, selaku koordinator lapangan mengungkapkan bahwa materi yang dikenalkan bertujuan untuk menjadikan bekal dan dapat dikembangkan para Bintara Otsus nantinya dalam melaksanakan tugas menjadi Babinsa diwilayah asal mereka, Papua Barat.

"Selain materi pokok tentang pemberdayaan kewilayahan dan pembinaan masyarakat, kita kenalkan juga potensi kreativitas ekonomi masyarakat di Bojonegoro untuk bekal menjadi Babinsa di daerah asal mereka," ujarnya.

Menurutnya, pembekalan tentang pengelolaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) peternakan tersebut diharapkan dapat daya kreativitas serta menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi bagi para Bintara Dikjurba Otsus, keluarga dan masyarakat desa diwilayah binaan.

"Pembekalan ini tak lain tujuannya untuk menumbuhkan daya kreativitas, ketrampilan dan kemampuan Bintara Otsus dalam kewirausahaan. Sehingga semakin produktif dan memberikan manfaat bagi mereka, keluarga dan warga binaan," tambahnya.

Serda James Esrom Woria, salah satu personel Bintara Otsus, mengatakan bahwa pengenalan tentang UMKM ini merupakan hal yang sangat positif dan pengalaman baru sekaligus menjadi inspirasi bagi dirinya. Dengan harapan ilmu yang didapatkan nantinya bisa dikembangkan serta ditularkan kepada masyarakat binaan diwilayah dirinya bertugas.

"Sangat bermanfaat sekali. Keberhasilan dalam mengembangkan UMKM seperti ternak sapi dan kambing ini juga bisa menjadi inspirasi bagi kami dan warga binaan dalam peningkatan perekonomian," tandasnya.(Pendim/Red)