Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 

Komandan Pasmar 3 ikuti Pelepasan Kirab Api Pon XX Papua

 

LENSAMILITER.COM,       Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E., mengikuti kegiatan  upacara pelepasan Kirab Api Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021 yang dipimpin oleh Bupati Sorong Dr. Jhony Kamuru, S.H.,M.Si  bertempat di halaman Kantor Bupati Sorong, Jl. Sorong-Klamono Km.24, Distrik Mariat, Kabupaten Sorong, Papua Barat. Senin (27/09/2021).

Rangkaian kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan prosesi kedatangan Api PON XX Papua tahun 2021 di lapangan upacara dan disambut dengan tarian adat Papua.

Dalam sambutannya Bupati Sorong mengucapkan terima kasih kepada panitia PON XX Papua tahun 2021 yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Kabupaten Sorong khususnya di Kampung Maladuk Distrik Klamono sebagai tempat pengambilan api abadi. Melalui lokasi yang memiliki nilai historis yang kuat ini, Indonesia pun mencatatkan sejarah baru penyelenggaraan PON XX untuk pertama kalinya di Papua dan pengambilan api abadinya dari Klamono Kabupaten Sorong.

“Ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri untuk kami Papua dan Papua Barat terlebih khusus kami yang ada di Kabupaten Sorong,”ujarnya.

Bupati Sorong diberikan kesempatan untuk menyalakan api PON XX Papua yang kemudian diserahkan kepada dua atlit legendaris asal Papua yakni Ronny Wabia dan Ortizan Bertilone Nusye Solossa.

Selanjutnya puncak kegiatan dilaksanakan pelepasan Kirab Api PON XX Papua yang kemudian diarak keliling Kabupaten dan Kota Sorong sebelum dibawa menuju bandara dan diterbangkan ke sejumlah kota di Papua seperti Biak, Timika, Wamena, Merauke dan Jayapura. Komandan Pasmar 3 menjelaskan bahwa pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional di Papua ini merupakan komitmen negara dan kesungguhan dari pemerintah kita untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Papua bisa dan pembangunan di Papua sudah berjalan serta keamanan di Papua kondusif.

"Dalam penyelenggaraan PON XX kita harus benar-benar mendukung secara komprehensif dan utuh agar mulai dari acara pembukaan sampai dengan penutupan dapat berjalan dengan lancar, aman dan sukses,”pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Gubernur Papua Barat Muhammad Lakotani, S.H.,M.Si., Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Djoko Andoko, S.E.,M.M., Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri, S.E., Danlantamal XIV Sorong Laksma TNI Imam Musani, S.E.,M.Si., Wakalpolda Papua Barat Brigjen Pol. Patrige R. Renwarin, S.H, Asintel Danpasmar 3 Kolonel Mar Profs Dhegratmen SA, M.Tr.Hanla dan sejumlah pejabat Forkopimda Papua Barat dan Kabupaten Sorong lainnya,"tutupnya.(Dispen Pasmar/Red)