Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 

Jaga Kebugaran Tubuh, Prajurit Kodim Bojonegoro Laksanakan Garjas Periodik

 

LENSAMILITER.COM,       Untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan fisik prajurit, Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, menyelenggarakan Kesegaran Jasmani (Garjas) periodik II tahun 2021, dilapangan Makodim setempat. Dalam pelaksanaanya, Garjas periodik ini tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai prosedural penanganan dan pencegahan penyebaran covi-19.

Pasipers Kodim 0813 Bojonegoro, mengatakan bahwa Garjas periodik tersebut adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh prajurit TNI, yang dilakukan dua kali dalam setahunnya. Dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kebugaran tubuh, sekaligus juga mengukur kemampuan fisik para prajurit.

"Terlebih saat ini, dihadapkan dengan pandemi covid-19. Yang sudah barang tentu membutuhkan tenaga ekstra. Sehingga prajurit harus betu-betul dalam keadaan fit, karena tugas yang dihadapi saat ini tidaklah ringan," ujar Kapten Inf Riyanto, Selasa (12/10/2021).

Kesegaran jasmani ini meliputi tes kesegaran A berupa lari dengan waktu 12 menit, dan tes kesegaran B berupa pull-up, sit-up, push-up, dan luges masing-masing berdurasi 1 menit. Serta shuttle run dengan durasi kecepatan waktu, ditambah lagi dengan ketangkasan renang dengan jarak 50 meter.

"Kesegaran Jasmani ini, sebagai tolok ukur untuk menentukan dan meningkatkan program pembinaan jasmani para prajurit TNI. Sebelum pelaksanaannya, setiap personel terlebih dahulu diperiksa kesehatannya oleh tim kesehatan," pungkas Pasipers.(Pendim/Red)