Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 

Satgas Pamtas bersama Warga Dayak Sebaruk Nugal Padi di Batas Negeri

 

LENSAMILITER.COM,       Anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 144/JY membantu warga Nugal Padi di desa Muakan Petinggi Kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang Kalbar.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Letkol Inf Andri Suratman dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis Badau.jumat (01/10/2021).

Memasuki musim hujan warga Dayak Sebaruk melaksanakan Nugal Padi di lahan yang kosong dan sudah dibersihkan untuk di tanami Padi, kegiatan mereka ini sudah turun menurun dari nenek moyang mereka terdahulu dan sudah menjadi tradisi dan kebiasaan orang Dayak Sebaruk yang di perbatasan, Anggota Satgas kami Pos Muakan membantu warga dalam kegiatan Nugal ini merupakan bentuk kepedulian dan pembinaan teritorial kepada warga agar terjalin hubungan yang harmonis dan terbentuknya kemanunggalan TNI dengan rakyat yang ada di perbatasan ini", Ucapan nya.

Salah satu warga Dayak Sebaruk pak David (33) mengucapkan terimakasih banyak atas bantuan dari bapak-bapak Satgas yang telah hadir dan mau datang ke ladang kami meskipun jarak nya jauh,tapi mereka semangat untuk membantu kami,dan bisa jadi panutan kami bahwa pentingnya saling bekerjasama sesama manusia", Pungkasnya.

Serka Eko dan tiga rekannya",Kami di undang oleh warga dan senang hati untuk datang membantu karena Nugal Padi jarang di temukan dan ada bulan tertentu yang bisa di laksanakan, kegiatan ini kita lestarikan dan junjung adat budaya daerah yang ada di perbatasan ini", ujarnya.

Nugal Padi merupakan warisan nenek moyang yang harus dilestarikan untuk mendapatkan beras sehingga bisa memenuhi kebutuhan hidup, kegiatan ini berjalan dengan lancar tidak luput dari mematuhi protokol kesehatan dan menjaga jarak.(Penyonif/Red)