Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 

Wakil Gubernur AAL Hadiri Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

 

LENSAMILITER.COM,       Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (Wagub AAL), Laksma TNI Rudhi Aviantara, S.E., M.Si., M.Tr (Han), mewakili Gubernur AAL, Mayjend TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M,. M.Tr (Han)., menghadiri upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 yang digelar di halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (1/10).

Gubernur Jawa Timur (Gub Jatim) Khofifah Indar Parawansa menjadi inspektur Upacara pada peringatan yang dihadiri oleh para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur ini.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jatim mengajak warganya menjadikan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai modal untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi covid-19. Caranya, dengan mengamalkan dan menjalankan nilai-nilai luhur Pancasila seperti gotong royong, persatuan, empati, dan solidaritas antar sesama.

Dengan begitu, ia meyakini segala tantangan dan kesulitan akan bisa dihadapi Bangsa ini dengan ketangguhan dan kebersamaan. “Dalam konteks pandemi ini kita melihat kecenderungan sikap-sikap seperti individualisme. Namun disisi lain kita juga melihat kebangkitan nilai-nilai luhur Pancasila seperti empati, solidaritas, dan gotong royong antar sesama.

Menurutnya, Hari Kesaktian Pancasila ini juga menjadi gambaran kuat bahwa nilai-nilai luhur Pancasila selalu berhasil membawa Bangsa Indonesia keluar dari segala tantangan dan kesulitan. Bahwa Pancasila tidak hanya sebagai falsafah dan ideologi bangsa, tapi juga menjadi kekuatan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Pandemi covid-19 ini mengguncang segala sektor kehidupan. Di masa-masa sulit seperti ini, nilai-nilai Pancasila justru menjadi fondasi untuk bertahan menghadapinya. Ini sekaligus menjadi momen kita dalam meningkatkan rasa nasionalisme, persatuan dan kesatuan, serta cinta tanah air,” katanya.

Khofifah mengatakan, Pancasila harus lebih dari sekadar menjadi ideologi dan falsafah yang menentukan cara pandang kita terhadap persoalan. Namun, nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dapat menjadi panduan hidup yang menuntun cara berperilaku, terutama dalam semangat untuk bangkit dari pandemi sehingga terwujud Jatim tangguh. Hal ini selaras dengan tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini yakni “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila”.(*/Red)