Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 

Warga Sehat, Babinsa Koramil Persiapan Sayosa Kodim Sorong dampingi Tim Kesehatan

 

LENSAMILITER.COM,       Dengan adanya kepedulian kesehatan, Babinsa Koramil Persiapa Sayosa Kodim 1802/Sorong. Serda Ramli melaksanakan komsos dengan tim kesehatan Puskesmas Sayosa  dalam rangka kegiatan sosialisasi penyakit kaki gajah pada  masyarakat Kampung Maladovok , Distrik Sayosa, Kabupaten Sorong. Kamis(14/10/2021).

Penyakit kaki gajah/filariasis adalah penyakit infeksi yang bersifat menahun, yang disebabakan oleh cacing Filaria dan ditularkan oleh nyamuk.

Dalam komsos tersebut Kepala Puskesmas Sayosa menyampaikan bahwa penyakit kaki gajah ditularkan dari seseorang yang darahnya mengandung anak cacing (mikrofilaria) kepada orang lain melalui gigitan nyamuk, dimana pada saat nyamuk mengisap darah orang tersebut mikrofilariapun ikut terhisap dan masuk kedalam badan nyamuk sehingga satu dan dua minggu kemudian mikrofilaria berubah menjadi larva dan ditularkan ke orang lain melalui gigitan nyamuk tersebut.

Penyebab kaki gajah oleh cacing filarial yang hidup didalam tubuh manusia yang kemudian berkembang biak dalam tubuh dan menghasilkan jutaan anak cacing yang dapat bertahan selama 4-6 tahun dalam saluran getah bening (bagian tubuh yang melindungi kita).

Adapun tanda-tanda penyakit kaki gajah biasanya demam berulang–ulang selama 3-5 hari hilang apabila beristirahat dan muncul jika sipenderita bekerja berat, pembengkakan di saluran getah bening sehingga terlihat bengkak di daerah lipatan paha, ketiak yang tampak kemerahan panas dan sakit, timbul bisul yang bisa pecah mengeluarkan nanah dan darah, serta pembesaran kaki, lengan, payudara, atau buah zakar" Ujarnya.

Babinsa Koramil Persiapan Sayosa Kodim 1802/Sorong berharap dengan adanya penjelasan seperti ini dapat diteruskan kepada warga binaan agar dapat terhindar dari penyakit kaki gajah.

Lanjut Babinsa, kegiatan sosialisasi ini adalah merupakan salah satu bagian tugas berkesinambungan untuk mengetahui perkembangan wilayah, situasi dan kondisi wilayah binanaannya, serta hal tersebut akan lebih mendekatkan diri dengan masyarakat yang akan menciptakan TNI akan selalu berada di tengah masyarakat”. Jelas Babinsa.(Pendim/Red)