Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 

Tingkatkan Capaian Program Bangga Kencana, DP3AKB dan Kodim Bojonegoro Rakor Bersama

 

LENSAMILITER.COM,       Dalam rangka meningkatkan pencapaian program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) melalui berbagai momentum kegiatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) Kabupaten Bojonegoro menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama dengan Kodim 0813 Bojonegoro, di Gedung Ahmad Yani Makodim setempat.

Rapat koordinasi tersebut diikuti oleh para Danramil jajaran dan koordinator penyuluh KB se- Kabupaten Bojonegoro. Dalam pelaksanaanya, kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai prosedural pencegahan penyebaran covid-19

Kepala Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro, Ninik Susmiati, SKM., M.Kes., mengatakan bahwa rapat koordinasi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjalin kemitraan dengan mitra potensial dalam hal ini Kodim 0813 Bojonegoro bersama seluruh jajarannya guna meningkatkan peran TNI dalam pelayanan KB pria dan wanita serta untuk penguatan program Bangga Kencana.

"Seperti event yang sudah kita lalui beberapa waktu lalu, yaitu dalam rangka Hari Kontrasepsi Sedunia. Dimana kita bersama dengan TNI Kodim 0813 Bojonegoro beserta seluruh jajarannya melaksanakan Pelayanan KB berbagai metoda selama satu bulan penuh," ungkapnya, Kamis (11/11/2021).

Lebih lanjut disampaikan bahwa kerjasama antara Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan TNI sudah terjalin baik sejak lama. Hal ini dikuatkan dengan Nota Kesepahaman dan perjanjian kerjasama oleh kedua belah pihak. Kemitraan tersebut dapat berjalan dengan baik, dikarenakan adanya dukungan yang baik pula dari masing-masing pihak.

Menurutnya, dukungan yang diberikan TNI yaitu berupa sistem organisasi satu komando dari tingkat pusat sampai tingkat daerah, ketersediaan tenaga medis dan non medis, Fasilitas Kesehatan (Faskes) dan SDM TNI, serta sarana prasana yang dapat digunakan dalam pelaksanaan kegiatan program KB Kesehatan Reproduksi (KR).

"Wujud nyata dari kerjasama ini diantaranya adalah program manunggal TNI KB Kesehatan yang dicanangkan setiap tahun dan pengawalan terhadap pelayanan KB diberbagai Faskes. Dimana anggota TNI selalu berperan aktif pada kegiatan penyuluhan, konseling KB serta berbagai motivator KB Pria dan Wanita," ujar Ninik Susmiati, SKM., M.Kes.

Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf Bambang Hariyanto, mengucapkan terima kasih atas sinergitas yang sudah berjalan dengan baik antara jajarannya dengan Instansi-Instansi pemerintah daerah khususnya yang saat ini dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB).

"Hal tersebut, merupakan bentuk dukungan penuh terhadap pemerintah daerah dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan aspek darat guna mewujudkan taraf kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Bojonegoro," pungkasnya.(Pendim/Red)