Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 

Wujudkan Binter Yang Adaptif, Kodim Bojonegoro Gelar Pembinaan Jaring Mitra Karib

 

LENSAMILITER.COM,       Dengan tema 'Mewujudkan Binter TNI AD Yang Adaktif, Melalui Kegiatan Pembinaan Jaring Mitra Karib Di Wilayah Guna Mengoptimalkan Deteksi Dini, Cegah Dini, Temu Cepat dan Lapor Cepat Bagi Apkowi' Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar Pembinaan Jaring Mitra Karib bersama berbagai komponen masyarakat di Gedung Ahmad Yani, Makodim setempat, Kamis (25/11/2021).

Selain untuk mempererat hubungan silaturahmi, kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap semester ini dilakukan dalam rangka pembinaan terhadap Mitra Karib secara berkala serta insidentil guna mengawasi dan mengendalikan kegiatan serta membantu Mitra Karib apabila mempunyai kendala dilapangan.

"Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yaitu mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang aman, tentram dan dinamis. Serta meningkatkan pemahaman Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, untuk turut berpartisipasi dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan dan NKRI," kata Kasdim 0813 Bojonegoro, Mayor Inf I Putu Gede Widarta, dalam sambutannya.

Masih menurut Kasdim, bahwa fungsi teritorial merupakan Center Of Gravity kekuatan pertahanan, sekaligus juga berfungsi untuk membantu dan mendukung pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pembinaan Teritorial pada aplikasinya dilakukan dengan merekrut Mitra Karib.

Sementara dalam pembinaannya terhadap Mitra Karib tersebut, merupakan perpanjangan tangan Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil). Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendapatkan berbagai informasi diwilayah guna mendukung serta mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat yang semakin kokoh.

"Babinsa, merupakan aparat kewilayahan yang secara langsung dekat dengan masyarakat binaan. Untuk mendukung tugasnya, Babinsa harus memiliki Jaring Mitra Karib sebagai pemberi informasi guna memperlancar kegiatan deteksi dini, cegah dini serta lapor cepat," tutur Kasdim.

Sehingga, dengan terlaksananya kegiatan tersebut pihaknya mengajak untuk saling bahu membahu, bekerja bersama mendukung dan meningkatkan serta mewujudkan situasi dan kondisi wilayah yang lebih kondusif.

"Bersama Danramil, Babinsa dan Mitra Karib serta segenap komponen masyarakat lainnya mari kita perkuat sinergisitas, bekerja bersama-sama mewujudkan kesejahteraan, kenyamanan bagi masyarakat," pungkas Mayor Inf I Putu Gede Widarta.(Pendim/Red)