Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bersama Warga Pilang, Koramil Kanor Perkuat Bibir Tanggul Sungai

 

LENSAMILITER.COM,       Jajaran TNI Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, terus bergerak berjuang membantu dalam rangka antisipasi bencana di musim penghujan. Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 0813-10/Kanor, melalui kegiatan karya bakti bersama Pemdes dan warga Desa Pilang memperkuat tanggul persawahan bibir Sungai Bengawan Solo yang longsor akibat gerusan arus sungai, Senin (13/12/2021).

Danramil 0813-10/Kanor, Lettu Inf Abdul Manan, mengatakan bahwa karya bakti ini melibatkan puluhan personel Babinsa, Perangkat Desa dan warga Desa Pilang Kecamatan Kanor. Mereka memperkuat atau penebalan tanggul sungai dengan cara menimbun bibir tanggul rusak dengan karung/sak berisi pasir dan tanah sebagai penahan tanggul.

Sungai Bengawan Solo tersebut melintas di dekat area persawahan Desa Pilang. Saat musim penghujan, untuk meminimalisir tanggul longsor atau erosi karena terkikis arus sungai sehingga perlu dilakukan penebalan tanggul karena akan berdampak pada lahan sawah beserta tanamannya.

"Penebalan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya tanggul jebol diwilayah Desa Pilang jika terjadi luapan sungai pada musim hujan," tambahnya.

Kepala Desa Pilang, Noto, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada TNI Koramil 0813-10/Kanor dan warga masyarakat yang terlibat pada kegiatan karya bakti untuk memperkuat tanggul diwilayahnya yang terkikis gerusan air Sungai Bengawan Solo.

"Terima kasih kepada jajaran Koramil Kanor, dan warga Desa Pilang yang turut terlibat dalam kerja bakti ini. Dengan adanya kerjasama ini tentunya sangat bermanfaat, dan kami berharap kedepan semakin kompak," pungkasnya.(Pendim/Red)