Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tumbuhkan Kedisiplinan, TNI Bojonegoro berikan Pelatihan Dasar PBB kepada Ratusan Pelajar di Kedungadem

 

LENSAMILITER.COM,       Jajaran TNI Koramil 08/Kedungadem, Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, turut memberikan pelatihan baris-berbaris kepada 264 pelajar SMP Dirgahayu dan SMP Negeri Kedungadem dalam rangka menumbuhkan karakter serta kedisiplinan yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 2 sampai dengan 5 Januari 2022 di halaman masing-masing sekolah.

Batituud Koramil 0813-08/Kedungadem, Peltu Lazuri, mengatakan, pelatihan dasar Peraturan Baris-Berbaris (PBB) adalah wujud latihan fisik guna membentuk sikap, kedisplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, rasa persatuan dan rasa tanggung jawab sejak dini.

"Pelatihan ini sebagai langkah awal bagi siswa-siswi utamanya dalam rangka mengenalkan kedisiplinan serta untuk menumbuhkan semangat berbela negara," ujarnya, Rabu (5/1).

Diharapkan, dengan adanya pelatihan ini, mereka (pelajar) mengerti akan maksud serta tujuan dari pelatihan PBB tersebut. Sehingga, nantinya mampu menerapkannya di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

"PBB ini juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah yaitu untuk melatih daya konsentrasi, mendorong belajar tentang solidaritas tim. Belajar mendengar, patuh, serta belajar untuk diam dan mengatur emosi," kata Peltu Lazuri

Sementara Kepala SMP Dirgahayu Kedungadem, Miftahul Huda, mengatakan, selain melaksanakan kegiatan baris-berbaris, para pelajar juga diberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang).

"Harapanya, dengan adanya pelatihan semacam ini, siswa dan siswi lebih disiplin lagi baik itu disiplin dalam belajar maupun saat melakukan upacara bendera. Selain itu, juga memiliki rasa nasionalisme dan cinta kepada tanah air," pungkasnya.(Pendim/Red)