Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berdayakan Masyarakat Desa, Koramil Kedewan Bojonegoro bersama Pemdes Lakukan Gertabuga

 

LENSAMILITER.COM,       Jajaran TNI Koramil 23/Kedewan, Kodim 0813 Bojonegoro, bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Kedewan, melaksanakan Gerakan Tanam Buah Naga (Gertabuga) di pekarangan Makoramil 0813-23/Kedewan. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka pemberdayaan masyarakat desa, guna peningkatan perekonomian masyarakat.

Ketua Tim, Suparman, mengatakan bahwa gerakan tanam buah naga yang bekerjasama dengan Koramil 0813-23/Kedewan ini gencar dilakukan pihak pemdes. Hal tersebut, sebagai inovasi untuk pengembangan agrowisata Desa Kedewan. "Saat ini kami tengah memulai pengembangan tanaman buah, yang kedepannya akan diarahkan menjadi agrowisata untuk mendukung pengembangan desa wisata di Desa Kedewan," ujarnya.

Sementara itu, dikonfirmasi melalui pesan whatsapp, Danramil 0813-23/Kedewan, Kapten Inf Paryanto, menyampaikan bahwa sebanyak 800 bibit buah naga ditanam dilahan sekitaran Makoramil. Menurutnya, program tanam buah naga tersebut adalah program jangka panjang yang dapat dirasakan hasilnya secara berkelanjutan.

"Semoga dengan adanya gerakan tanam buah naga ini menjadikan icon desa tentang buah naga. Yang akan bisa membantu perekonomian masyarakat desa melalui budidaya buah naga," ungkapnya, Senin (14/2/2022).

Pihaknya mengharapkan, kegiatan seperti ini dapat diikuti oleh masyarakat yang lainnya dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Karena tanaman buah naga ini mudah dalam perawatan, berbuah sepanjang tahun dan memiliki harga jual yang lumayan.

"Harapannya tentu dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat nantinya," pungkas Kapten Inf Paryanto.(Pendim/Red)