Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dandim Bojonegoro Hadiri Pelantikan Kepengurusan IPSI Kecamatan dan Sosialisasi Olahraga Berjenjang

 

LENSAMILITER.COM,       Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arm Arif Yudo Purwanto, turut menghadiri kegiatan Sosialisasi Olahraga Berjenjang, yang sekaligus dirangkai dengan Pelantikan Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) tingkat kecamatan masa bhakti 2022-2025 yakni Kecamatan Kalitidu, Gayam, Malo, Purwosari dan Ngambon di Pendopo Kecamatan Kalitidu, Selasa (22/2/2022).

Turut hadir dalam kegiatan ini Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah, Waka Polres Bojonegoro Kompol Muh. Wahyudin Latief, Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Amir Syahid, Ketua KONI Bojonegoro, Ali Mahmudi, Forkopimcam 6 kecamatan Camat Gayam, Ketua IPSI Bojonegoro, H. Endro Setyo Widodo serta para Pengurus Organisasi Perguruan dari enam Kecamatan yang akan dilantik.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bojonegoro, Amir Syahid, menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan merupakan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro. Adapun maksud tujuannya yaitu untuk mengolahragakan masyarakat, dan memasyarakatkan olahraga, serta membangun cabang olahraga unggulan yaitu pencak silat secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan sampai tingkat kabupaten.

"Tentunya, dalam pelaksanaan kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19, di karenakan masih masa pandemi," ujarnya.

Dandim 0813 Bojonegoro, dalam sambutannya turut mengapresiasi kepada Bupati Bojonegoro, dengan terbentuknya kepengurusan IPSI di seluruh kecamatan se- Kabupaten Bojonegoro. Menurutnya, hal tersebut sebagai upaya dalam mewujudkan generasi muda, serta menciptakan suasana kamtibmas diwilayah Kabupaten Bojonegoro lebih kondusif.

Pihaknya berharap dengan terbentuknya kepengurusan IPSI tingkat kecamatan ini mampu membentuk bibit atlet berprestasi di Kabupaten Bojonegoro. Dengan atlet prestasi ini juga bisa mengikuti pendaftaran anggota TNI maupun Polri melaui jalur Atlet.

"Program kedepan akan dilaksanakan Kapolres Cup dan Dandim Cup. Dalam waktu dekat ini juga akan dilaksanakan Piala Dandim Cup dalam rangka HUT TNI tahun 2022. Selain itu juga, Kodim 0813 Bojonegoro siap membantu dalam melaksanakan pembinaan dan pemantauan IPSI diwilayah Kabupaten Bojonegoro," tegas Letkol Arm Arif Yudo Purwanto.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah, mengucapkan selamat kepada seluruh Pengurus IPSI tingkat kecamatan yang hari ini dilantik, semoga mampu menjalankan amanah dan harus dapat mempersatukan perguruan pencak silat yang ada diwilayah Bojonegoro. Menurut Bupati, tugas IPSI selain sebagai pemelihara bidang olahraga juga sebagai pemelihara kamtibmas di wilayah kecamatan. Dan direncanakan Pengurus IPSI Bojonegoro akan diberikan intensif melalui Dinpora, sehingga kepengurusan bisa dipertanggungjawabkan.

"IPSI bertanggungjawab dalam pemeliharaan Kamtibmas dan pembinaan olahraga di masyarakat diwilayah Kabupaten Bojonegoro," tuturnya.(Pendim/Red)