Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jaga Keamanan Makin Kondusif, Pemkab Apresiasi Peran TNI-Polri di Bojonegoro

 

LENSAMILITER.COM, -     Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro mengapresiasi peran aparat keamanan TNI dan Polri dalam menjaga keamanan wilayah. Karena dengan suasana aman dan kondusif, masyarakat Bojonegoro bisa makin produktif. 

Menurut Kabid PIKP Dinas Kominfo Kabupaten Bojonegoro, Nanang Dwi Cahyono, faktor keamanan menjadi penting agar masyarakat Bojonegoro lebih giat bekerja sesuai bidang atau berprofesinya. Terwujudnya kondusifitas wilayah yang aman dan damai ini tentu berdampak pada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Dia juga menjelaskan bahwa kondusifitas Kabupaten Bojonegoro ini tidak terlepas dari peran dan sinergitas pimpinan aparat keamanan TNI-Polri. Yakni Komandan Kodim (Dandim) 0813 Bojonegoro beserta jajarannya, dan Kapolres Bojonegoro beserta jajarannya.

"Apresiasi yang tinggi kepada bapak Dandim beserta jajarannya dan bapak Kapolres beserta jajarannya. Keamanan dan ketertiban di wilayah ini sangat kondusif. Sehingga, masyarakat Bojonegoro merasa aman dan nyaman serta pertumbuhan ekonomi masyarakat juga berjalan dengan baik," tutur Nanang Dwi Cahyono.

Sementara itu, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arm Arif Yudo Purwanto mengatakan bahwa TNI memiliki tugas dan fungsi yang dilaksanakan berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara. Yakni menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Tugas pokok TNI tidak hanya operasi militer untuk perang saja. Namun juga ada tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) diantaranya operasi mengatasi gerakan separatis bersenjata, mengatasi pemberontakan bersenjata, mengatasi aksi terorisme, mengamankan wilayah perbatasan, dan mengamankan obyek vital nasional yang bersifat strategis.

TNI juga mempunyai tugas membantu dan mendukung pemerintah daerah, membantu menanggulangi dampak bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan. TNI juga bertugas membantu Kepolisian dalam rangka tugas kamtibmas yang diatur dalam Undang-Undang.

"Kami TNI-Polri dan masyarakat akan terus bersinergi untuk mendukung program-program pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Bojonegoro," pungkasnya.(Pendim/Red)