Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kasdim 0813 dampingi Bupati Bojonegoro berangkatkan Pawai Budaya tingkat SD/MI dan SMP/MTs

 

LENSAMILITER.COM,       Kasdim 0813 Bojonegoro, Mayor Inf I Putu Gede Widarta, turut menghadiri pemberangkatan kegiatan Pawai Budaya yang diikuti sebanyak 26 peserta tingkat SD/MI dan 9 peserta tingkat SMP/MTs dalam rangka memeriahkan perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2022, Senin (29/8).

Keragaman seni dan budaya khas Kabupaten Bojonegoro ini dirangkum dalam satu kegiatan yang diberangkatkan langsung oleh Bupati Anna Mu'awanah, mulai dari depan Pendopo Malowopati Jalan P. Mastumapel. Beragam tema dibawakan baik peserta di tingkat SD sederajat, maupun di tingkat SMP sederajat.

Diantaranya Kirab Pusaka Ki Andong Sari, Tari Kembang Mayang yang bernuansa merah menggambarkan simbol Kahyangan Api, hingga melestarikan Budaya Tayub dalam rangkaian prosesi pengantin Jawa, juga ada yang bertema Kanjeng Soemantri. Selain itu, ada juga peserta pawai budaya yang menampilkan penggambaran Panji Wayang Krucil untuk mengenalkan pada generasi milenial dan Ruwatan Murwakala, serra Tirto Sumur Pitu dan Ragam Rondo Songo.

Kegiatan Pawai Budaya ini mengambil rute mulai dari Jalan Mas Tumapel - Jalan Imam Bonjol - Jalan Kartini - Jalan Teuku Umar - Jalan Panglima Sudirman - Jalan MH Thamrin - Jalan Mastrip - dan Finish Jalan Imam Bonjol depan Satlantas Polres Bojonegoro.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah, dalam kesempatan ini berpesan agar peserta pawai budaya untuk menjaga kesehatan melihat rute yang ditempuh. "Jika kelelahan, sebaiknya jangan dipaksakan. Yang penting partisipasinya," ujarnya.

Dikatakan juga oleh Bupati, bahwa Kabupaten Bojonegoro memiliki sumber-sumber budaya yang perlu digali dan dikembangkan dengan daya dukung kreatifitas artifisial, batik, hingga seni musik. Pihaknya juga akan menyiapkan kreatifitas anak muda yaitu Nglenyer Fashion Week yang sebentar lagi kita laksanakan dengan beberapa tema menggali potensi batik dan tenun yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

"Dengan event selanjutnya ini dapat mendorong putra-putri terhadap passionnya, diantaranya seperti tata boga maupun di bidang busana. Sebab, seluruh potensi itu merupakan bagian dari karakter di dalam pengembangan diri," harap Bupati Anna Mu'awanah.

Kasdim 0813 Bojonegoro, menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi seluruh masyarakat Kabupaten Bojonegoro, dan bersyukur kegiatan pawai budaya dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 77 Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut berjalan dengan tertib, aman dan lancar. "Alhamdulillah kegiatan pawai budaya berlangsung aman dan meriah, semoga melalui kegiatan ini seni dan budaya Kabupaten Bojonegoro ini semakin maju," pungkas Mayor Inf I Putu Gede Widarta.(Pendim/Red)