Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Satuan Udara dan Satkopaska Latihan Aklimatisasi Penerbangan

 

LENSAMILITER.COM,       Satkopaska Koarmada III melaksanakan penerjunan/ Freefal dalam rangka mendukung Latihan Aklimatisasi Satuan Udara/ Satud Koarmada III TW. III TA. 2022, dimana latihan penerjunan tersebut bertempat di Lapangan Apel Mako Koarmada III, Katapop Kabupaten Sorong Papua Barat.Selasa (23/08/22).

Dikatakan Komandan Satud Koarmada III Kolonel Laut (P) Dani Hamdani, bahwa latihan tersebut merupakan program latihan yang diperintahkan oleh Panglima Koarmada/ Pangkoarmada  III Laksamana Muda TNI Irvansyah,S.H. ,CHMRP. ,M.TR.(Opsla) selama satu minggu.

Selain itu dikatakan Komandan Satud Koarmada III, bahwa Latihan tersebut dilaksanakan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan serta kehandalan anggota Satud dan Satuan lain, utamanya Satkopaska Koarmada III, terutama dalam kegiatan pengintaian pantai dalam operasi amfibi sesuai tuntutan kualifikasi Pasukan Katak dalam peperangan laut khusus.

Sementara itu dilain tempat Komandan Satkopaska Koarmada III, Komandan Satkopaska Koarmada III, Letkol Laut (P) Letkol Laut (P) Mohamad Machri Mokoagow menjelaskan, bahwa personel yang terlibat dalam latihan penerjunan sebanyak 42 personel yang didukung pesawat TNI Angkatan Laut, Pesud Cassa U. 6205.

Sebelum pelaksanaan penerjunan dilaksanakan briefing kesiapan Tim Pengamanan  dan SAR, penyiapan Landing Zone (LZ) di depan Mako Koarmada III dan pelaksanaan terjun Run 1  jumlah 8 peterjun dan pelaksanaan terjun Run 2  jumlah 7 peterjun, ungkap Komandan Satkopaska Koarmada III.

Latihan yang dilaksanakan ini merupakan salah satu program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam pembangunan SDM TNI Angkatan Laut yang unggul, serta meningkatkan kemampuan TNI Angkatan Laut dalam menghadapi ancaman bersifat non-konvensional.(Dispen Koarmada III/Red)