Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatkan Taraf Hidup, Kodim Bojonegoro gelar Bakti Kemandirian Masyarakat

 

LENSAMILITER.COM,       Sebagai wujud kepedulian TNI kepada masyarakat diwilayah binaan dalam rangka mengatasi kesulitan, meningkatkan kapasitas masyarakat melalui solusi aplikatif yang mudah diterapkan, Kodim 0813 Bojonegoro menggelar penyuluhan dan pelatihan pengembangan kegiatan usaha peternakan di Balai Desa Kabunan, Kecamatan Balen, Kamis (8/9/2022).

Kegiatan yang menghadirkan narasumber dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Bojonegoro tersebut, merupakan program Bakti Kemandirian Masyarakat dalam rangka peningkatan taraf hidup, ekonomi dan kesejahteraan serta terwujudnya ketahanan masyarakat terhadap ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan terhadap kedaulatan NKRI.

Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro, Kapten Inf Surahmat, menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah upaya mendukung pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan dengan memberdayakan potensi wilayah.

"Sehingga masyarakat menjadi lebih mandiri, dan memiliki peluang untuk meningkatkan taraf hidupnya sendiri guna mewujudkan sasaran pembinaan teritorial," ungkapnya.

Adapun peserta dalam kegiatan ini, menurut Pasiter, diharapkan bagi warga masyarakat yang benar-benar berkeinginan untuk maju, terbuka pada inovasi, serta berkomitmen untuk terus menjalankan kegiatan hingga mencapai hasil yang optimal. Sehingga, manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat khususnya para peternak kambing atau domba.

"Untuk itu, kami berharap kesempatan yang baik ini agar benar-benar dapat dimanfaatkan serta diambil ilmunya," kata Kapten Inf Surahmat.

Kepala Desa Kabunan, Ir. Moch. Yahya, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran TNI dalam hal ini Kodim 0813 Bojonegoro yang telah menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan tentang pengembangan kegiatan usaha peternakan bagi masyarakat Desa Kabunan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat semakin produktif, kreatif dan inovatif.

"Terima kasih kami ucapkan untuk jajaran TNI Kodim 0813 Bojonegoro yang telah mengadakan pelatihan ini. Semoga hal ini bisa membawa manfaat, dan masyarakat lebih berkembang untuk peningkatan kesejahteraan," pungkasnya.

Adapun materi dalam kegiatan yang mengusung tema "TNI AD Mewujudkan Masyarakat Yang Mandiri dan Sejahtera Untuk Indonesia Tangguh" yakni penyuluhan tentang manajemen budidaya kambing atau domba, penyuluhan tentang sanitasi kandang, serta penyuluhan dan praktek pembuatan pakan ternak alternatif.(Pendim/Red)