Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TMMD 115 Bojonegoro, Personel Satgas dan Warga Bangun Tembok Penahan Tanah

 

LENSAMILITER.COM,       Ratusan personel TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke- 115 Kodim 0813 Bojonegoro, tak kenal lelah melanjutkan pekerjaan sasaran fisik pada program terpadu dan lintas sektoral yang mengusung tema "TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI" di Desa Sekaran, Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro.

Tidak hanya mengerjakan sasaran fisik, para prajurit ini juga melaksanakan berbagai pekerjaan sasaran non fisik program TMMD ke- 115 Kodim 0813 Bojonegoro yang akan berlangsung hingga 9 Nopember 2022 mendatang.

Seperti terlihat pada hari ini, Rabu (19/10/2022), bersama warga masyarakat puluhan anggota Satgas TMMD 115 Kodim 0813 Bojonegoro gotong-royong melanjutkan pengerjaan pembangunan Tembok Penahan Tanah atau TPT sepanjang 112 meter yang berada di Dusun Ngantru RT.008/RW.003 Desa Sekaran, Kecamatan Kasiman.

Komandan Satuan Setingkat Kompi (SSK) Satgas TMMD 115 Kodim 0813 Bojonegoro, Lettu Inf Hadriyas Susantyo Pamungkas, mengatakan, pembuatan TPT tersebut dimaksudkan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat sekitar, mengingat lokasi dibangunya TPT tersebut rawan longsor.

"Dalam pelaksanaanya, pembuatan TPT ini dikerjakan secara bergotong-royong bersama warga Dusun Ngantru, Sekaran. Harapanya, aliran air berjalan lancar dan tidak sampai terjadi banjir," ucapnya.

Kepala Dusun (Kasun) Ngatru, Darwanto, atas nama warga masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bojonegoro beserta jajarannya dan Kodim 0813 Bojonegoro berserta jajaranya atas pembuatan TPT di Dusun Ngantru RT.008/RW.003 Desa Sekaran ini. "Alhamdulillah, terima kasih kepada Pemkab dan Kodim 0813 Bojonegoro. Semoga, adanya pembangunan TPT ini akan bermanfaat banyak bagi masyarakat sekitar," tuturnya.

Sementara itu, dikonfirmasi terkait dengan kegiatan program TMMD 115 Kodim 0813 Bojonegoro, Pasiter Kapten Inf Surahmat, menyampaikan, dipilihnya Dusun Ngantru, Desa Sekaran, Kecamatan Kasiman, menjadi lokasi kegiatan program TMMD ke- 115 tahun ini adalah berdasarkan survei oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro bersama instansi terkait dengan jajaran kecamatan karena memiliki potensi pertanian dan sumber daya alam untuk dikembangkan. Sehingga, dengan adanya kegiatan program TMMD ini dapat memunculkan terobosan produktif untuk membantu ekonomi masyarakat.

"Kegiatan TMMD ini merupakan bentuk bakti TNI, dan salah satu solusi untuk mewujudkan ketahanan nasional. Harapanya dapat mendorong akselerasi pembangunan, serta membantu tugas pemerintah daerah," ujarnya.

Selain mengerjakan sasaran fisik, kegiatan TMMD tersebut juga melaksanakan sasaran non fisik berupa penyuluhan tentang kesehatan, pendidikan, pertanian, wawasan kebangsaan, bela negara, narkoba, kamtibmas, serta sosial kemasyarakatan.

Pihaknya juga berharap kegiatan TMMD ini dapat dijadikan momentum silaturahmi, dalam artian menciptakan sinergisitas yang baik dan solid antara TNI dengan pemerintah daerah serta seluruh komponen masyarakat. "Terlebih kita pun berharap, agar apa yang dihasilkan kegiatan program TMMD ini nantinya bisa bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat," pungkas Pasiter.(Pendim/Red)