Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TMMD 115 Kodim Bojonegoro, Dinas Kominfo gelar Bimtek Literasi Digital

 

LENSAMILITER.COM,       Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), pada Rabu (26/10/2022) siang, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi Digital dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa atau ke- 115 tahun 2022. Kegiatan Bimtek ini diikuti anggota Satuan Tugas (Satgas), Karang Taruna (Kartar) serta Perangkat Desa Sekaran.

Kegiatan Bimtek dilaksanakan di Balai Dusun Ngantru, Desa Sekaran Kecamatan Kasiman. Bimtek adalah salah satu usaha untuk menjaga kualitas informasi yang ada di website/medsos agar selalu ter- update dan sesuai dengan kaidah-kaidah pemberitaan.

Komandan Peleton II SSK Satgas TMMD 115 Kodim 0813 Bojonegoro, Letda Inf Moch. Baidawi, mengaku senang dengan adanya dukungan kegiatan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro yang antusias mendukung program TMMD dalam mendukung fasilitas desa setempat.

Menurut dia, kegiatan Bimtek tersebut juga banyak diikuti anggota Satgas TMMD dengan antusias. Pihaknya berharap, nanti kedepannya Dinas Kominfo Bojonegoro bisa melakukan Bimtek seperti yang dilaksanakan hari ini ke desa-desa setiap bulannya, karena kegiatan program TMMD 115 ini akan berakhir tanggal 9 Nopember 2022.

Selain itu diungkapkan juga oleh Letda Inf Moch. Baidawi, bahwa selain kegiatan non fisik, program terpadu dan lintas sektoral TMMD 115 Kodim 0813 Bojonegoro ini juga mengerjakan sasaran fisik TMMD yaitu rehab perpustakaan SDN Sekaran I, Pembangunan toilet SDN Sekaran II dan III, pembangunan Bronjong (Desa Sekaran - Desa Hargomulyo).

"Sasaran fisik lainya dalam program TMMD 115 Kodim 0813 Bojonegoro tahun ini yaitu pembangunan TPT di RT.008/RW.003, pembangunan Drainase -1 RT.003/RW.003, pembangunan drainase-2 RT.05/RW.003 dan pembangunan jembatan kali ungkal Dusun Ngantru, Sekaran," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dusun Ngantru Darwanto menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi pelatihan dari Kominfo sangat bermanfaat sekali karena untuk saat ini kebebasan Kartar dalam bermedsos sangat luar biasa. Dengan adanya bimtek ini, diharapkan karang taruna lebih sopan dan terukur, serta memahami mana yang benar dan mana yang salah.

"Karang taruna sebagai generasi penerus dari Pemdes Sekaran, diharapkan mampu mengoptimalkan potensi-potensi yang ada di Desa Sekaran serta mampu mempublikasikan di dunia online," ucapnya.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, Nanang Fahrudin, menyampaikan materi teknik jurnalistik atau penulisan naskah berita secara dasar. Dia menjelaskan, langkah jurnalistik secara dasar adalah dengan mencari informasi yang hangat (aktual), penting dan relevan, mengumpulkan informasi/riset data, memverifikasi informasi/data, hingga wawancara.

"Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mempromosikan potensi yang ada di desa kita melalui media online, maupun lewat media sosial. Kini saatnya bermedia sosial yang bijak, mengunggah hal-hal positif," terangnya.

Narasumber literasi digital lainnya, Iwan Siswoyo, menyampaikan tentang bagaimana memanfaatkan media sosial. Dalam kesempatan ini, Iwan Siswoyo, mengajak para peserta bimtek diajak langsung untuk praktik membuat foto, lalu membuat tulisan pendek untuk langsung dipublikasikan lewat media sosial.

"Ayo kita manfaatkan media sosial untuk promosi desa," terangnya.(Pendim/Red)