Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Uji Kemampuan Fisik Prajurit, Kodim Bojonegoro gelar Garjas Periodik

 

LENSAMILITER.COM,       Dalam rangka meningkatkan kesegaran jasmani, dan memelihara kemapuan fisik prajurit, Kodim 0813 Bojonegoro, menggelar kegiatan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) periodik II tahun 2022. Kegiatan dilaksanakan dilapangan Markas Kodim setempat, Jum'at (21/10/2022).

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0813 Bojonegoro, Mayor Inf I Putu Gede Widarta, dalam arahanya menyampaikan bahwa kesegaran jasmani merupakan tolak ukur bagi setiap prajurit untuk kenaikan pangkat. Selain itu juga, merupakan program TNI Angkatan Darat guna mengetahui kesehatan jasmani bagi prajurit.

"Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, panitia harus melakukan tahapan-tahapan sebelum pelaksanaan Garjas diantaranya pemeriksaan kesehatan," ujarnya.

Dalam pelaksanaanya, Kasdim meminta agar para prajurit untuk mengikuti instruksi dari pelatih. "Jangan dipaksakan apabila kondisi tubuh sudah tidak kuat. Faktor keamanan adalah yang paling penting," tambahnya.

Senada disampaikan Bintara Jasmani Korem 082/CPYJ, Pelda Super, bahwa garjas merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Pada kesempatan ini pihaknya berharap peserta Garjas agar berkonsentrasi dan waspada dalam melaksanakan kegiatan.

"Laksanakan garjas ini sesuai dengan kemampuan, dan selalu perhatikan faktor keamanan selama kegiatan jangan dipaksakan apabila sudah merasa tidak kuat. Laksanakan kegiatan ini dengan sunguh-sunguh, untuk menunjang kenaikan pangkat dan golongan yang akan datang," pungkasnya.

Dalam pelaksanaan tes garjas ini, seluruh prajurit diambil nilainya secara perorangan. Kegiatan diawali dengan  lari selama 12 menit yang dilanjutkan dengan pull up, sit up, push up, lunges, shuttle run, serta renang dasar 50 meter.(Pendim/Red)