Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kodim Bojonegoro Gencarkan Penguatan Karakter bagi Generasi Muda Bangsa

LENSAMILITER.COM,       Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro, melalui Staf Teritorial, terus bergerak melaksanakan penguatan karakter bangsa bagi generasi muda khususnya dikalangan pelajar. Kali ini, dipimpin langsung oleh Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro, Kapten Inf Surahmat, kegiatan dilakukan kepada ratusan siswa dan siswi SMA Negeri 2 Bojonegoro, Rabu (25/2/2023).

Selaku koordinator kegiatan, Kapten Inf Surahmat, mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan tindaklanjut program Komando Atas dalam rangka pembinaan karakter bangsa. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat terwujudnya generasi muda yang bermental karakter yang tangguh, cinta tanah air, dan Berbhineka Tunggal Ika serta mampu memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Adapun materi yang diberikan dalam kegiatan ini yaitu Wasbang atau Wawasan Kebangsaan dan pelatihan Peraturan Baris-Berbaris (PBB) dasar. Selain itu, para pelajar juga diberikan materi Game Matematika Wawasan Kebangsaan dengan tujuan para generasi penerus bangsa ini mencintai tanah airnya yang sekaligus juga tertanam jiwa kedisiplinan, moral dan etika dalam bermasyarakat.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan disiplin, loyalitas, setia kawan dan nasionalisme generasi muda sejak dini. Dengan harapan menjadi pemuda-pemuda yang tangguh, handal dan cinta terhadap NKRI," kata Kapten Inf Surahmat.

Kepala SMA Negeri 2 Bojonegoro, Dra. Rokhani Cahyaning Pratiwi, M.Pd., pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran TNI Kodim 0813 Bojonegoro, bahwa kegiatan penguatan karakter tersebut sangat penting dan bermanfaat. Karena di era sekarang ini waktunya anak-anak dikuatkan karakter dan semangat bela negaranya.

"Kegiatan kolaborasi antara Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kodim 0813 Bojonegoro ini kami sangat mendukung sekali, sehingga anak-anak didik ini memiliki wawasan lain selain dari sekolah dalam peningkatan semangat bela negara," pungkasnya.(Pendim/Red)