Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gelar UTP Teritorial, Kodim Bojonegoro tingkatkan Kemampuan Prajuritnya

 

LENSAMILITER.COM,       Untuk meningkatkan kemampuan prajuritnya, Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar latihan Uji Terampil Perorangan (UTP) Teritorial. Kegiatan dilaksanakan dilapangan Markas Kodim setempat, Rabu (15/2/2023).

Disampaikan oleh Pasiops Kodim 0813 Bojonegoro, Kapten Inf Heri Sukiyanto, bahwa latihan UTP Teritorial adalah bagian pentahapan latihan yang merupakan tolok ukur tingkat kemampuan prajurit berdasarkan latihan perorangan yang telah dilaksanakan secara berkala setiap tahun.

UTP Teritorial dilakukan dalam rangka menguji prajurit Kodim 0813 Bojonegoro dalam melaksanakan tugas sesuai tingkat kecakapan guna mendukung tugas pokok di Satuan. Latihan ini dilaksanakan untuk memperoleh data yang valid tentang pemahaman serta kemampuan prajurit terhadap pengetahuan serta ketrampilan umum sesuai tingkat ketrampilanya untuk kepentingan pembinaan personel dan pembinaan latihan.

"Program ini untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatih pada Latihan Perorangan Dasar (Latorsar) Teritorial guna mendukung kelancaran para Babinsa dalam melaksanakan tugas," kata Kapten Inf Heri Sukiyanto.

Lebih lanjut disampaikan Pasiops Kodim 0813 Bojonegoro, Kapten Heri Sukiyanto, bahwa setiap Babinsa dibekali dengan materi Sikap Teritorial, Bintahwil, Komsos, Lima Kemampuan Teritorial (Puanter), Bakti TNI, Sisrendal Binter, Binwanra dan Ketatalaksanaan Binter.

Harapanya para peserta pelatihan UTP Teritorial bisa mengikuti seluruh rangkaian latihan dengan penuh rasa tanggungjawab, dan semua materi yang diberikan agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, serta diimplementasikan diwilayah binaan masing-masing.

"Diharapkan dari seluruh materi yang dilatihkan bisa dikuasai oleh semua Babinsa Kodim 0813 Bojonegoro, serta diaplikasikan dalam bertugas diwilayah binaanya masing-masing," pungkasnya.(Pendim/Red)